CARA BEKERJA EFEKTIF
CARA BEKERJA EFEKTIF
- Bertanggung jawab atas dirimu sendiri.
Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu
sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan
sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
- Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.
Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
- Kerjakan dulu mana yang penting.
Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan
sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu
dari tujuanmu.
- Anggap dirimu berada dalam situasi “co-opetition” (bukan situasi “win-win” lagi).
“Co-opetition” merupakan gabungan dari kata “cooperation”
(kerja sama) dan “competition” (persaingan). Jadi, selain sebagai teman
yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukkan/ide
baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam
kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang
terbaik (do your best) di dalam kelas.
- Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu.
Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan
guru/dosenmu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta
dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu
sebagai guru/dosen tersebut. Nah, sekarang coba tanyakan pada dirimu,
kira-kira argumen apa yang paling pas untuk diberikan ketika berada
dalam posisi guru/dosen tersebut.
- Cari solusi yang lebih baik.
Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini,
jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya.
Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen pengajar, teman,
kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan
membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
- Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan.
Dengan cara ini, belajar akan terasa mengasyikkan, dan mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar